5 Tips Membuat Augmented Reality untuk Promosi Bisnis

Hoopiz.com –┬áBeberapa tahun yang lalu salah satu game dengan konsep teknologi augmented reality (AR) yaitu Pokemon Go memang telah berhasil menggeser penggunaan dari sosial media dan beberapa aplikasi ponsel lainnya. Bukan hanya itu saja game kelas kakap dan terkenal seperti Jurassic World Alive pun segera menyusul, game berburu lain dengan developer Ghost Buster juga akan ikut meluncur dan mengulang kembali siklus keberhasilan sebelumnya.

Melihat semakin populer dan viral beberapa game dengan teknologi AR tadi memicu para pelaku bisnis turut serta untuk menggunakan cara yang sama dalam meraih kesuksesan. Mengikuti jejak yang ada bukan berarti Anda juga harus membuat hal yang sama dengan game AR ya. Kali ini Anda bisa mengadopsi konsep yang digunakan dan membungkusnya dalam sebuah hal baru yang akan di sesuaikan dengan jenis Branding atau usaha saat ini.

Dalam beberapa game yang menggunakan konsep teknologi AR seperti Pokemon Go tadi, memang telah berhasil membawa penggunanya mengalami berbagai macam interaksi digital di dalam lingkungan nyata mereka. Perbedaan antara dunia nyata dengan digital ini terletak pada aksesori tambah yang digunakan.

pengaplikasian augmented reality pada bisnis

Pembuatan konsep promosi dengan teknologi AR ini nantinya akan disesuaikan dengan target pasar yang ingin dicapai agar bisa tertarik dengan produk yang Anda jual. Teknologi augmented reality ternyata sudah digunakan oleh banyak merek terkenal seperti Starbuck dan juga Nestle. AR dinyatakan akan meningkatkan pendapatan selanjutnya.

Nah agar promosi Anda dengan bantu AR bisa berhasil dengan baik, maka tidak boleh dilakukan dengan asal atau sembarang. Berikut ini beberapa cara yang perlu Anda perhatikan agar bentuk iklan promosi AR bisa mirip buatan para ahli:

  1. Lakukan Riset Pada Target Pasar

    Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah riset dan menentukan target dari pasar secara matang dan juga saksama. Riset ini akan menentukan seperti apa langkah dan tindakan yang akan Anda lakukan. Selain itu Anda pun akan menemukan apakah penggunaan teknologi AR itu sebagai strategi yang paling tepat dalam membangun merek dan mempromosikan produk.

    Contohnya begini, ada banyak sekali merek yang mengambil keuntungan dengan hashtag atau tanda (#) agar bisa mengarahkan para penggemar maupun pengikut ke tempat yang diinginkan. Anda juga harus menentukan berbagai macam cara agar bisa menarik orang tertarik dengan bisnis dengan augmented reality.

  1. Manfaat teknologi AR Selagi Masih Populer

    AR saat ini memang sedang menjadi terobosan gabungan antara dunia nyata dan dunia digital yang sedang cukup viral dan populer. Semakin lama tentunya tingkat popularitas pun akan meredup seiring dengan munculnya beberapa teknologi dan cara baru yang lebih menarik. Jadi dari sini dapat disimpulkan bahwasanya Anda akan kehilangan kesempatan jika tidak segera memanfaatkannya.

    Tunggu apalagi gunakan augmented reality selama masih viral diminati banyak orang. Ada hal yang dapat Anda yakini bahwasanya teknologi AR ini akan menjadikan bisnis semakin berada di kawasan baru dan menuntut Anda melakukan adaptasi.

  1. Gunakan Hashtag Secukupnya

    Maksud dari gunakan hashtag secukupnya adalah jangan pernah mengandalkan hashtag hanya satu atau dua saja tetapi dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Pada saat Anda telah memahami kebutuhan dan juga keinginan dari para komunitas bisnis, maka nanti Anda bisa membuat beberapa pesan yang langsung sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari mereka atau pengguna.

    Tweet maupun postingan biasanya tidak lebih menarik perhatian banyak orang, namun ada kalanya menjadi sebuah penawaran secara khusus. Nah, salah satu kunci agar bisa menjangkau semua komunitas tersebut maka Anda perlu menyajikan pesan menarik dengan tampilan berupa gambar dan video yang dihubungkan secara pribadi.

  1. Tarik Audience yang Baru

    Pada saat Branding bisnis sudah mulai merambah pada media online, maka Anda juga dituntut untuk melanjutkan pertumbuhan tersebut dengan memperluas pada jenis platform baru yang tentunya lebih menguntungkan seperti augmented reality. lalu apakah Facebook atau juga siaran langsung pada Instagram memang memiliki kesamaan dengan teknologi AR?

    Tentunya masing-masing diantara ketiganya itu akan membantu bisnis Anda menjadi lebih menarik dan akan membantu memiliki banyak penggemar baru. Sangat penting tentunya untuk mengirimkan beberapa pembaharuan untuk menyebarkan berita penting yang sesuai dengan bisnis.

  1. Sampaikan Pesan Secara Jelas

    Beberapa aplikasi augmented reality yang sangat populer seperti Pokemon Go dan Snapchat ini bisa digandrungi banyak orang karena mudah untuk diawali bahkan juga tidak membutuhkan arahan yang terlalu rumit. Ya semakin sedikit langkah yang harus diikuti oleh para penggunanya maka semakin besar pula para pengguna menanggapi konten yang Anda buat.

    Lebih dari beberapa hal yang telah disampaikan sebelumnya, mungkin saja Anda juga bisa jadi lebih skeptis atau dikenal dengan artian takut pada beberapa platform paling baru. Ada baiknya jika Anda mulai melakukan evaluasi lebih serius pada teknologi yang digunakan dengan serius.

Beberapa cara unik yang bisa Anda gunakan agar bisa menarik perhatian para pengguna juga perlu untuk Anda perhatikan dengan melihat tren. Cara ini tentunya akan membantu Anda menyampaikan pesan dan beradaptasi untuk membangun sebuah merek yang lebih terasa baru dan segar.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk membangun sebuah media promosi dengan bantuan teknologi augmented reality. Semua yang dilakukan dengan lebih terencana dan teliti tentunya akan menghasilkan sesuatu yang lebih maksimal. Begitu sebaliknya semua yang dilakukan asal pun akan memberikan hasil yang asal juga.

Seorang apoteker dan ibu yang hobi memasak, menulis serta berbagi informasi di media online. Saat ini ikut menjadi kontributor di Hoopiz.com
Lihat semua tulisan 📑.