Toko Online Vs Toko Offline Kenali Bedanya

Hoopiz.com – Keberadaan internet sebagai dunia kedua bagi masyarakat memang membuka peluang usaha yang semakin luas, untuk siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan lebih, salah satunya adalah dengan berjualan online. Faktanya memang ada semakin banyak diantara masyarakat yang berbondong-bondong atau ramai menjalankan toko online mereka. Salah satu jenis bisnis yang memang tengah booming beberapa tahun belakangan ini. Menjual barang-barang dengan sistem online lewat beberapa media, baik itu jejaring sosial, log, market place atau yang lainnya.

Toko Online vs Toko Offline

Usaha secara online dikenal sebagai salah satu trend bisnis di masa depan, meskipun tak menutup kemungkinan bahwa sebenarnya bisnis secara langsung atau offline juga masih akan terus dilakukan oleh masyarakat, mengingat untuk masyarakat yang masih sangat minim pengetahuannya akan teknologi, maka aktivitas berbelanja masih banyak dilakukan secara langsung. Lalu sebenarnya apa saja yang membedakan antara bisnis yang dijalankan secara offline dan juga online ini, berikut yang harus Anda ketahui:

  1. Modal, modal adalah fondasi awal ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, jika seandainya modal yang dimiliki besar, maka secara otomatis bisa memberikan Anda peluang membuat usaha yang besar juga, sebaliknya ketika modal yang dimiliki kecil, maka usaha yang dijalankan juga yang skalanya kecil. Hanya saja jika bisnis offline mutlak membutuhkan modal uang, namun tidak dengan bisnis online, karena salah satu sistem yang bisa dianut adalah dropshipper.
  2. Jangkauan, pemasaran dengan menggunakan sistem online memang jauh lebih luas, tak hanya di dalam negeri saja, melainkan juga bisa ke luar negeri. Berbeda dengan jangkauan pemasaran usaha offline yang terbatas di satu daerah tertentu saja.
  3. Waktu untuk menjalankan bisnis tersebut, ketika Anda ingin sukses di dalam menggeluti usaha secara offline, maka tak bisa dipungkiri jika seandainya harus buka lebih lama, mulai dari pagi hingga malam. Tentunya tak ada istirahat bukan, namun berbeda dengan usaha online yang bisa dibuka kapan saja, tak ada batasan waktu, 24 jam tanpa istirahat bukan masalah untuk menangani pembeli.
  4. Cara atau sistem pemasaran, umumnya ketika Anda menginginkan sebuah kesuksesan ketika menjalankan usaha langsung, maka harus ada pengeluaran tambahan untuk pemasarannya, seperti dengan menyebar brosur atau iklan. Namun tidak pada bisnis online, karena pemasaran cukup mengandalkan media sosial saja, lebih murah dan juga mudah.
  5. Jenis produk yang dijual, untuk hal yang satu ini maka usaha offline lebih unggul, karena apapun jenis barangnya mulai dari makanan, produk fashion maupun jasa bisa secara mudah dijual. Tidak seperti bisnis online yang terbatas menjual barang-barang tahan lama dan tak mudah rusak saja.

Faktanya penting mengetahui beberapa hal tersebut sebelum menjalankan toko online.