Cara Menghitung Denyut Nadi Normal

Hoopiz.com – Kesehatan seseorang memang merupakan hal yang cukuppenting untuk diperhatikan, bahkan dapat dikatakan kesehatan merupakan hal paling krusialdan urgent untuk mendapat perhatian penuh. Tubuh yang sehat tentunya akan membuat seseorang dapat dengan lancar beraktivitas dan melakukan kegiatan sehari hari sebut saja seperti bekerja, bersosialisasi dan melakukan banyak hal lagi.

Namun, di era modern yang serba canggih dan instan ini, menjaga kesehatan malah dapat dikatakan menjadi tantagan yang lebih berat ketimbang di era tradisional sebelumnya. Beragam kemajuan teknologi memang mempermudahkan manusia dalam melakukan kegiatan namun terkadang hal tersebut membuat manusia menjadi manja dan enggan bergerak.

Kurang gerak tentunya akan memperlemah kekuatan otot serta tulang dan membuat tubuh menjadi lemas dan loyo. Selain itu budaya cepat dan instan yang memang sangat marak saat ini telah menjadi faktor lain yang memicu merosotnya kesehatan manusia. Makanan cepat saji yang dimasak dengan cepat memang terasa enak di mulut dan lidah namun jika dikonsumsi rutin dan terus menerus akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Banyak ragam penyakit baru yang lantas timbul karena pola makan tidak sehat yang diterapan masyarakat modern saat ini. Jika anda berpikir obat adalah solusi yang tepat maka pastlah dokterin tersebut juga hasil budaya instan yang mulai menghinggapi anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati adalah slogan yang palig tepat untuk kasus ini.

Salah satu cara adalah dengan mengetahui denyut nadi kita sendiri. Berapakah denyut nadi normal milik Anda? Hal tersebut dapat dikatakan erat dengan kesehatan karena menandakan kerja organ yang ada di dalam tubuh kita. Jantung yang memang erat dengan nadi memang menjadi organ yang cukup vital bagi kesehatan manusia, oleh karena itu sangat perlu memantau kesehatan jantung dengan cara menghitung denyut nadi normal. Berikut ini akan diberikan caranya.

denyut nadi normal

Cara menghitung denyut nadi normal yang pertama adalah dengan cara menempelkan tangan kita pada pergelangan tangan bagian dalam. Di area tersebut terdapat pembuluh drah yang terbilang cukup besar sehingga dapat dengan mudah dirasakan getaran atau denyutannya. Tekan dengan lembut pada area itu hingga anda dapat merasakan ada sesuatu yang berdenyut di bagian yang anda tekan. untuk denyut nadi normal berbeda usia berbeda pula denyutannya.

Untuk anak balita di bawah satu tahun maka akan di dapati denyut normal berkisar antara 100 hingga 160 denyut tiap menitnya. Sementara itu untuk anak anak dari usia 1 hingga 10 tahun akan berkisar antara 70 sampai 120 denyut tiap menit. Untuk remaja dengan kisaran umur 11 hingga 17 tahun jika anda melakukan penghitungan denyut nadi normal maka akan didapati kisaran 60 sampai 100 denyut tiap menitnya. Sementara itu orang dewasa dengan umur lebih dari 17 tahun memiliki kisaran denyut normal 60 sampai 100.

Demikianlah cara menghitung denyut nadi normal yang dapat anda coba denganmudah di rumah, semoga selalu sehat.