Cara Mengatasi dan Memperbaiki Wi-Fi Laptop yang Error atau Tidak Terdeteksi

Hoopiz.com – Susah-susah beli laptop, eh gara-gara mau memanfaatkan akses WiFi di tempat publik ternyata tidak terdeteksi. Padahal sudah keburu mau connect ke WiFi. Pasti kejadian ini bikin Anda pusing tujuh keliling. Ya, kan? Tenanglah. Kejadian ini bukan Anda saja yang mengalaminya.

Padahal suah susah menabung dan menghemat biaya makan sampai berbulan-bulan demi laptop baru tercinta. Kemudian mungkin di benak Anda akan terpikir, “Apa laptopku bermasalah, ya? Atau ada masalah dengan OS-nya? Atau cuma masalah teknis saja?” Daripada Anda bertanya-tanya sendiri, lebih baik simak tutorial ini selengkapnya.

Jangan buru-buru jual laptop hanya gara-gara prasangka buruk. Masalah semacam ini tentu bukan salah laptop Anda. Namun cuma perlu sedikit trik saja untuk mengatasinya. Jadi tak perlulah berpikir mau ganti laptop dengan baru dulu. Rugi nanti. Baiklah, langsung saja ke inti pembahasannya, ya.

Check apakah Wifi di laptop Anda sudah ON atau belum?

Caranya sangat mudah. Untuk menyalakan WiFi di laptop, sebetulnya ada beberapa cara. Namun sebaiknya Anda pakai cara yang mudah saja. Beberapa laptop itu memakai kombinasi antara tombol Fn dengan F11. Tombol fisik F11 berada di keyboard sebelah teratas. Sementara tombol Fn ada di dekat barisan paling bawah.

Cara lainnya bisa juga dengan menggunakan Windows Mobility Center. Caranya pilih control panel. Setelah itu, ganti large icon. Dilanjut dengan memilih Windows Mobility Center. Nanti ada opsi bernama Turn Wireless ON. Nah, pilih itu. Secara otomatis Wifi akan menyala. Namun untuk membuktikannya, Anda harus tes dulu.

Caranya dengan membuka aplikasi browser. Bisa dengan Google Chrome, Mozilla Firefox, atau mungkin Internet Explorer. Buka situs apa pun. Paling bagus itu buka Youtube saja. Kalau sudah bisa masuk, maka sudah terkoneksi betulan. Kalau belum, cek Driver Wireless-nya. Buka sumber masalahnya yang berada di Driver Wireless tersebut yang Anda instal.

Check Driver WiFi

Jangan lupa juga check Driver WiFi yanga ada di laptop Anda. Apakah sudah terinstal ataukah belum. Apakah sudah terinstal dengan benar atau belum. Misalnya Anda diwajibkan menginstal Driver WiFi yang memang kompatibel dengan seri laptop milik Anda. Pastikan saja tidak muncul tanda (!) di device manager.

Bagaimana cara mengeceknya?

Gampang sekali kok. Tinggal ikuti instruksi yang dibagikan di artikel ini saja. Pertama, klik tombol Start. Kemudian klik Control Panel. Kalau sudah, klik Device Manager. Terakhir, klik Network Adapter. Periksalah apa bagian Network Adapter sudah sukses terinstal Driver Wireless-nya atau belum. Pastikan apa di sana ada atau tidak tanda seru (!).

Wifi Tidak Terdeteksi Di Laptop

Wifi Laptop Tidak Terdeteksi

Kalau sudah, skip saja ke metode selanjutnya. Eh, tapi belum juga menemukan driver-nya atau driver sudah ditemukan, tapi masih ada tanda serunya. Maka, kali ini pasti ada yang tidak beres dengan driver yang digunakan oleh Anda. Solusinya cukup mudah. Tinggal instal ulang saja. Pakai driver yang tepat biar tanda (!) tidak muncul lagi.

Troubleshooting

Selain itu, ada juga cara alternatifnya. Anda pun bisa memakai fasilitas yang memang disediakan oleh pihak Windows untuk mengatasi problematika semacam ini. Fasilitasnya bernama troubleshooting. Untuk menggunakan fasilitas ini, tinggal pergi ke Control Panel lagi. Ubah kategori menjadi Network Internet, lalu ke Network & Sharing Center.

Terakhir, tinggal klik saja tombol troubleshooting-nya. Umumnya berada di deret terbawah. Kemudian pilih Network Adapter. Klik “next” terus sampai selesai. Nanti Windows akan mendiagnosa sekaligus memberikan report untuk Anda terkait solusi untuk memecahkan permasalahan Anda.

Sebagai tambahan informasi, harap ketika menginstal WiFi, jangan content di delete the driver software for this device, ya. Tujuannya biar saat Anda refresh, laptop atau komputer tetap bisa menginstal secara otomatis. Proses menginstal secara manual itu jauh lebih ribet, lho! Nanti waktu Anda akan banyak yang terbuang.