Cara Menambahkan Menyisipkan Slide Baru pada Microsoft Powerpoint

Hoopiz.com – Terkadang saat kita membuka program powerpoint untuk pertama kali, kita bingung bagaiman caranya menggunakan aplikasi ini. Mau langsung klik ini-itu, tapi takut kalau salah dan program jadi rusak. Sebetulnya, Belajar powerpoint sama saja dengan belajar Microsoft Word yang gampang-gampang susah.

Misalnya kita punya tugas untuk presentase dari guru di sekolah, maka mau tidak mau kita pun harus menguasai paling tidak teknik dasar dari powerpoint itu. Tapi tenang. Di sini saya akan berbagi pengalaman sekaligus kan menjelaskan dasar-dasar teknik dari powerpoint ini. Pertama saya akan menelaskan cara menambah slide di Microsoft Powerpoint ini dulu.

Pada menu home atau beranda umum, kita akan menemukan grup slide yang terdiri dari layout, new slide, delete, dan juga reset.

  • New Slide digunakan untuk menambahkan slide
  • Layout digunakan untuk mengganti layout dari slide yang tadi.
  • Reset adalah tombol yang berguna untuk mengembalikan ke pengaturan awal.
  • Delete adalah tombol yang berguna untuk menghapus slide.

Menyisipkan slide baru dan menjalankan slide presentasi MS Powerpoint

Lebih jelasnya, saya akan berikan contoh tentang cara menambah slide baru di Microsoft Powerpoint. Inilah tutorialnya:

1. Pada menu home, di grup slide pilih saja new slide. Setelah diklik maka akan muncul 9 mecam slide. Tinggal Anda mau pilih yang mana.

  • Title Slide
  • Title and Content
  • Section Header with Caption
  • Two Content with Caption
  • Comparison
  • Title Only
  • Blank
  • Content
  • Picture

2. Setelah kita berhasil membuat slide baru, ada beberapa slide yang kita ubah layout-nya. Layout di sini fungsinya untuk membuat tampilan jadi lebih enak dipandang. Misalnya slide 2 itu yang dulunya pakai layout Title Slide, kita akan ubah jadi Title and Content. Caranya tinggal klik layout yang berada pada grup slides. Kemudian pilihlah layout yang diinginkan.

3. Setelah selesai membuat slide, eh, ternyata kita kelebihan slide. Lalu apa yang harus kita lakukan? Apakah harus memulai dari awal lagi? Tentu tidak. Kan di grup slide tadi sudah ada pilihan delete. Tinggal pilih mana slide yang akan kita hapus. Kelar urusannya. Jadi Anda tidak perlu bingung-bingung lagi. Selagi ada fitur-fiturnya, gunakan seefektif mungkin.

Jangan sampai gara-gara ketidaktahuan Anda, proses untuk bikin slide untuk presentase jadi gagal. Padahal momen itu sangat berharga untuk Anda. Misalnya mau digunakan untuk bekerja atau mempresentasikan bahan kajian ketika masih kuliah. Seperti pepatah lama, “Malu bertanya, sesat di jalan.” Tanyakan hal-hal yang berkaitan dengan problem Anda.

Berkat kecanggihan Microsoft Powerpoint, banyak sekali yang merasa terbantu olehnya. Fungsi paling utama yang dimiliki oleh powerpoint adalah bisa menggantikan peran lisan secara efektif. Para audiensi tinggal menyimak, sementara kita hanya menerangkan sedikit saja. Tugas menerangkan lebih lanjut langsung bisa diserahkan oleh powerpoint.

Mungkin penggunaan powerpoint sekarang belum begitu menyebar ke seluruh daerah. Tetapi banyak yang memprediksi, berkat alur informasi dan teknologi, maka tidak menutup kemungkinan penggunaan powerpoint akan lebih luas lagi. Dengan cara inilah audiensi akan terbiasa membaca tanpa harus mendengarkan panjang lebar.

Cara menambah slide baru di Microsoft Powerpoint di atas gampang dilakukan, bukan? Sulit itu biasanya hanya ada pada orang yang belum betul-betul mencobanya. Dengan kata lain, kesulitan itu hanya ada dalam pikiran mereka. Faktanya toh mudah dilakukan kalau sudah jalan. Selamat mencoba dan mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk Anda.