Contoh 10 Usaha Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2017

Hoopiz.com – Masih sering bertanya-tanya atau ditanyai tentang bisnis atau usaha yang memiliki prospek menjanjikan dan berpotensi menguntungkan? Tidak terasa, kita hampir berada di penghujung 2016 untuk kembali menyongsong tahun yang baru; tahun 2017. Di zaman yang arus informasi sangat deras ini, sejatinya hampir keseluruhan sendi-sendi kehidupan dalam bentuk apapun bisa kita jadikan sebagai lahan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah; terlebih dengan keberadaan teknologi internet, seharusnya akan semakin “mudah”.

Memantapkan langkah awal untuk mendirikan atau menjalankan bisnis usaha adalah langkah yang berani dan beresiko. Namun, juga bisa menjadikannya sebagai langkah terbaik disaat Upah Minimum Provinsi (UMP) ataupun UMR (Upah Minimum Regional) sudah dianggap pas-pasan atau cenderung kurang. Meski UMP dan UMR setiap tahun biasanya mengalami peningkatan, terkadang masih tidak sebanding dengan kenainak tarif dasar listrik (TDL), bahan makanan pokok, air minum, bahan bakar minyak (BBM) dan lain-lain. Gaji naik seuprit, eh barang-barang naik berkali-kali lipat. Kan runyam jadinya.

10 contoh usaha bisnis menjanjikan pada tahun 2017

Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa langsung resign/berhenti bekerja (jika saat membaca ini masih berstatus karyawan/karyawati) setelah membaca ulasan contoh usaha yang menjanjikan di bawah ini. Mulailah bisnis atau usaha dengan sifat “sampingan”; maksudnya, pekerjaan utama tidak terganggu dengan adanya usaha yang baru dirintis. So, pandai-pandailah me-manage waktu. Akan lebih baik lagi jika usaha atau bisnis sampingan ini memiliki waktu yang fleksibel sehingga bisa dijalankan dengan mudah, kapan saja, dan -tentu saja- menghasilkan keuntungan.

10 Contoh Bisnis Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2017

1. Bisnis Usaha di Bidang Properti

Jenis bisnis atau usaha jenis properti ini sepertinya selalu ramai setiap tahun; tak hanya untuk tahun 2017 saja, tahun-tahun setelah dan sebelumnya pun menghadirkan prospek investasi yang menarik. Beberapa hal yang membuat atmosfir bisnis properti yang selalu baik -salah satunya- adalah karena memiliki nilai yang setiap tahun kian menanjak. Bisnis properti mencakup jual beli bangunan (rumah dan ruko), jual beli tanah (tanah untuk bangunan atau untuk perkebunan), sewa-menyewa (gedung perkantoran, kontrakan, kos-kosan) dan banyak lagi yang lainnya.

Hanya saja, usaha bisnis properti memiliki modal yang terbilang besar. Beberapa tips jika memiliki dana/budget terbatas adalah dengan melihat situasi; misalnya ada informasi valid di daerah A akan dibangun rumah sakit umum daerah (RSUD), belilah tanah di sekitarnya. Harga saat ini masih lebih murah dibanding jika RSUD-nya sudah jadi. Tanah tersebut bisa dijual kembali atau dibangun tempat usaha warung makan atau sekedar kos-kosan/kontrakan.

2. Bisnis Dunia Maya (Online)

Bisnis online sudah mulai banyak yang melirik. terutama para pemuda dan pemudi meskipun yang dominan masih dilakukan oleh laki-laki. Akan tetapi, sejatinya bisnis online ini dapat dikerjakan oleh siapapun, tidak perduli apa genre-nya atau berapa umurnya atau disiplin ilmu apa yang melatarbelakangi seseorang. Macam-macam bisnis di dunia maya yang dapat dikerjakan salah satunya adalah blogging. Konon nge-blog kini sudah cukup populer dibanding tahun 2008 ke bawah. Dari tulisan-tulisan di blog yang dikelola, sudah banyak yang berhasil mendapatkan pundi-pundi rupiah dari penjualan spot iklan di halaman web/blog.

Bisnis online tentu tidak melulu dengan blog (publishing), faktanya proses jual beli pun bisa diterapkan secara online. Ingin jual beli properti secara online? ini juga bisa dilakukan. Sudah cukup banyak yang jualan jilbab, sepatu, pakaian hingga ke produk kosmetik dengan memanfaatkan media sosial (Facebook dan Instagram). Ada juga yang menjual melalui marketplace seperti bukalapak dan tokopedia. Melalui FJB (forum jual beli) pun bisa dilakoni. Ada banyak kemungkinan bisnis online, silakan dipelajari dan cari yang mana yang sesuai dengan passion Anda 😉

3. Bisnis Usaha di Sektor Pertanian

Usaha Bisnis di bidang pertanian seharusnya memiiki prospek yang terbuka luas di 2017 mengingat pada dasarnya negara Indonesia adalah negara agraris yang terkenal dengan kesuburan tanah dan kekayaan alamnya. Sangat jarang orang-orang bercita-cita untuk menjadi petani. Padahal, produk yang kita konsumsi setiap hari (nasi, buah, sayur-mayur dll) adalah hasil dari karya petani. Selama masih ada yang makan, selama itu pula bidang pertanian akan terus ada.

Masih ingat ketika tahun 2015 dan 2016, harga buah dan sayur-mayur naik luar biasa; sedikit banyak disebabkan oleh permintaan yang tinggi namun ketersediannya di pasaran tidak mencukupi. Bukankah ini sebuah peluang usaha bisnis yang menggiurkan?

4. Usaha Bisnis di Bidang Budidaya

Budidaya adalah pekerjaan untuk mengembangkan atau mem-budidaya-kan hewan ternak atau tanaman tertentu sehingga hasilnya ketika panen, bisa memberikan penghasilan bagi pengelola/pemilik. Umumnya, yang dibudayakan adalah segala sesuatu yang memiliki siklus masa panen berulang cepat. Misalnya budidaya ikan lele, budidaya ikan patin, jamur tiram dan lain-lain.

5. Bisnis Usaha di bagian Peternakan

Peternakan sebenarnya rada-rada mirip dengan budidaya, hanya saja peternakan lebih ke arah hewan ternak (ayam, sapi atau kambing). Asiknya hewan ternak jenis ini, kalaupun tidak terjual, masih bisa untuk dikonsumsi sendiri. Khusus untuk sapi dan kambing, tentu mendekati hari-hari tertentu seperti hari raya idul adha akan semakin meroket harganya. Untuk diketahui, kebutuhan akan supply daging di Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Indonesia bahkan haru melakukan impor dari negara lain. Ini artinya, Indonesia masih kekurangan daging. Jika permintaan tinggi, namun supply kurang, inilah celah bagi Anda untuk memulai usaha.

6. Usaha Bisnis di Bidang Jasa

Bagi yang memiliki keahlian/skill/profesi khusus, jenis bisnis ini bisa dilirik. Kelebihan usaha ini adalah minimnya modal. Karena, inti dari usaha jasa adalah “menjual” jasa, bukan menjual “barang”. Maka dari itu keahlian ditekankan di bagian awal.

Modal pas-pasan? No worry! Yang penting punya SKILL mumpuni.

7. Bisnis Usaha di Bidang Kuliner

Untuk kategori ini, tampaknya tidak perlu diperdebatkan karena sudah barang tentu segmen makanan atau kuliner sangat menjanjikan. Membuktikan hal ini mudah saja, silakan Anda berjalan-jalan di kota Anda masing-masing, kemudian lihat, bisnis apa yang paling banyak? Bisnis kuliner, bukan? Ada yang menjual nasgor (nasi goreng), soto, sate, bakso, sop, lalapan, nasi campur, masakan padang, es cendol, es kelapa, jajanan pentol dan lain-lain.

Syarat memulai usaha ini hanya satu, Anda harus bisa membuat atau memasak makanan yang akan dijual. Jika tidak bisa, setidaknya Anda memiliki lidah yang cukup baik untuk mencicipi masakan dari koki yang mungkin nanti Anda pekerjakan. Bisnis kuliner sangat sulit untuk dimanipulasi karena rasa tidak pernah berbohong 😉

8. Usaha Bisnis di Sektor Perdagangan

Dalam agama islam, kegiatan berdagang ini adalah sembilan pintu rezeki dari sepuluh pintu yang ada. Tentu harus mengikuti syariat berdagang agar orang lain -sengaja atau tidak-; tidak dirugikan. Ada macam ragam yang bisa kita perdagangkan, misalnya kebutuhan primer yang mencakup pangan (SEMBAKO), sandang (pakaian) dan papan (rumah; seperti bisnis properti di atas). Untuk keperluan sekunder, macam perabotan, alat elektronik, dan sebagainya. Jika mentargetkan kelas menengah ke atas, bisa juga menjual keperluan tersier seperti kenderaan bermotor (motor atau mobil), smartphone mahal, jam tangan bermerek dll.

9. Bisnis Usaha Waralaba

Waralaba mirip dengan perdagangan, hanya saja bisanya memiliki jaringan. Sebut saja Pertamina yang menjual BBM atau Indomaret dan Alfamart untuk skala besar. Untuk ukuran yang lebih kecil, bisa dilihat dari bisnis waralaba minuman dan atau makanan seperti jus pop ice, jamur goreng, kebab dsb.

Keuntungan bisnis ini, umumnya nama brand waralaba yang akan dijalankan sudah diketahui banyak orang, sehingga sudah terkenal. Kekurangannya, tentu diperlukan modal yang terbilang lumayan. Untuk Indomaret dan Alfamart saja, bisa mencapai 200juta (belum termasuk bangunan) sedangkan untuk skala kecil bervariasi mulai 3 juta hingga 20 juta ke atas; tergantung popularitas merek/brand yang dipilih.

10. Usaha Bisnis berdasarkan Passion/Bakat/Hobi

Usaha yang terakhir ini mirip dengan quote dari Kang Ridwan Kamil:

Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah Hobi yang dibayar.

Yang hobi utak-atik mesin, mungkin bisa membuka bengkel. Yang berbakat menjadi chef, mungkin bisa membuka restoran. Yang memiliki passion untuk berkomunikasi dengan banyak orang bisa membangun agency public relationship dan lain-lain. Pada hakekatnya, dari passion/bakat/hobi kita sejauh ini, mana yang kira-kira bisa menghasilkan pemasukan?

Demikianlah 10 contoh bisnis usaha yang kemungkinan akan populer di tahun 2017. Daftar 10 ini sungguh sangat sedikit jika dibandingkan kreativitas setiap individu manusia. So, apa yang ingin Anda kerjakan di 2017? Bisnis di bidang apakah? Bisnis seperti apakah? Yuk berbagi di kolom komentar 😉