Cara Mengetahui Ciri Urine Tidak Normal

7 warna urin yang bisa mengambarkan kesehatan tubuh

Hoopiz.com – Urine (Urin) merupakan salah satu hasil sekresi atau pengeluaran tubuh yang memang merupakan zat-zat yang sudah tidak terpakai lagi atau tidak dapat diserap lagi oleh tubuh. Urine yang memang merupakan cairan biasanya banyak digunakan oleh praktisi kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh seseorang. Marak kita mendengar tes narkoba dengan menggunakan urine seseorang. Hal ini memang sangat dimungkinkan karena dalam urine terkandung banyak zat yang berasal dari tubuh manusia itu sendiri.

Selain digunakan untuk pengetaesan narkoba, urin juga digunakan untuk mengetahui kehamilan, kadar gula darah dan masih banyak lagi. Secara awam kitapun dapat mendeteksi tubuh melalui urine yang kita keluarkan setiap hari.

7 warna urin yang bisa mengambarkan kesehatan tubuh

Untuk mudahnya, kita dapat menggunakan indra mata dan mendeteksi kesehatan tubuh melalui warna urin. Jika urine yang kita keluarkan berwarna jernih dan bening, maka dapat dipastikan tubuh kita memiliki asupan cairan yang cukup dan organ-organ berfungsi dengan baik. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, urine berwarna pekat maka hal tersebut mengindikasikan tubuh kekurangan cairan dan ada beberapa organ yang mengalami gangguan.

Untuk lebih jelas mengetahui ciri urine tidak normal memang kita memerlukan laboratorium yang akan lebih detail mengecek urine kita. Berikut ini beberapa cara mengetahui urine tidak normal:

  1. Mengetahui normal atau tidak urineĀ adalah dengan mengetahui komposisi normal penyusun urine.
    Dalam kondisi normal urine tersusun dari 96% cairan yang memang akan menyebabkan warna urine mnjadi lebih jernih dan terang. Selain cairan terdapat pula zat padat sebanyak 4% seperti garam, sisa protein dan sisa metabolism tubuh lainnya yang sudah tidak dapat terserap secara sempurna dalam tubuh. Selain itu terdapat pula pigmen yang merupakan pewarna alami urine yakni kuning. Terdapat pula zat ammonia serta zat zat lainnya. Itulah kandungan urine normal dan jika kandungan urine kita berbeda persentasenya dengan yang sudah dijelaskan diatas maka dapat dipastikan urine kita tidaknormal atau mengindikasikan beberapa penyakit.
  2. Cara mengetahui urine normal atau tidak selanjutnya adalah dengan menelisik kandungan yang ada di dalam urine.
    Hal inilah yang lantas dapat membuat kita menjadi tahu mengenai penyakit yan diderita oleh tubuh kita. Jika kita memiliki banyak kandungan albumin, maka biasannya hal tersebut mengindikasikan kita memiliki gangguan pada ogan ginjal atau jantung. Jika urine kita mengandung darah, maka dapat dipastikan kita mengalami gangguan pada sistem urinaria. Selain itu kandungan glukosa pada urine menandakan bahwa kita mengdap diabetes yang jenis dan tingkatannya ditentukan pula oleh banyaknya glukosa yang terdapat pada urine kita.

Demikianlah cara mengetahui urine tidak normal yang dapat kita tempuh dengan cara tes labratorium. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *