Cara Memasukkan atau Menyisipkan Foto dan Gambar di Dokumen Microsoft Word

Hoopiz.com – Sudah lama ya tidak hadir dengan tutorial seputar Microsoft Word. Okelah, kali ini saya mau berbagi tentang bagaimana cara menyisipkan gambar/foto di Microsoft Word. Cara ini dijamin akan mudah diikuti. Tidak sampai 10 detik saja pasti sudah jadi. Oleh karena itu, ketika menyimak tutorial ini langsung sambil praktik, ya.

Seperti yang kita tahu selama ini, bahwa dengan adanya gambar/foto, maka tampilan ketikan jadi terasa lebih hidup dan berwarna. Daripada hanya tulisan saja, kan? Pasti sudah banyak yang tahu dengan tutorial ini. Jadi posting-an ini khusus Anda yang sama sekali belum tahu tentang seluk-beluk Microsoft Word. Tanpa basa-basi, langsung saja kita bahas, ya.

Cara Menyisipkan Gambar atau Foto ke Dokumen Word

Cara Memasukkan Gambar Ke Dokumen Word

  1. Buka dulu program Microsoft Word yang ada di PC atau laptop Anda. Letak Microsoft Word biasanya berada di all program, kemudian pilih menu Microsoft. Dilanjut dengan pilih Microsoft Word. Maka langsung terbuka lembar kerjanya secara otomatis.
  2. Kalau sudah, klik saja menu insert yang berada di menu bar alias barisan menu paling atas. Klik menu picture. Menu ini bergambar pegunungan dengan matahari tengah bersinar di atasnya. Kemudian secara otomatis akan terbuka folder yang menyimpan gambar Anda. Biasanya di Local C/D. Langsung saja. Klik gambar yang ingin disisipkan dalam tulisan.
  3. Setelah Anda menemukan foto yang dimaksud, klik saja tombol insert. Secara otomatis gambar pilihan tersebut langsung tampil di lembar kerja Microsoft Word. Jangan lupa juga sesuaikan ukuran gambar setelah tersisipkan. Umumnya gambar yang tampil akan menyesuaikan ukuran sebenarnya.

Selain menyisipkan foto/gambar, kita bisa juga memasukkan Clip Art. Gambar-gambarnya sudah ada di Microsoft Word. Jadi Anda tidak perlu lagi mengunduh via aplikasi browser Anda. Namun jumlahnya juga terbatas. Kalau mau menambah, tinggal kunjungi saja ke website Microsoft dan update di sana.

Cara memasukkan Clip Art ke MS Word

  1. Klik menu Clip Art yang berada di menu bars. Langkahnya hampir sama dengan cara memasukkan gambar pada cara pertama tadi. Hanya saja bentuk gambarnya juga menyesuaikan gambar di Word Anda.
  2. Setelah itu, secara otomatis akan menampilkan jendela yang berada di sebelah kanan dokumen. Biarkan saja tampilannya seperti itu. Kemudian pilih saja Go. Nanti akan muncul bermacam clip art. Pilih mana yang kiranya pas di hati Anda. Ukuran dari clip art ini umumnya seragam.

Kalau gambar clip art sudah berada di dokumen Anda, aturlah sesuai keinginan. Paling baik itu yang penting selaras dengan tampilan dokumen yang Anda ketikkan. Boleh tampilkan di belakang teks, boleh juga dipotong. Cara untuk mengatur ukuran clip art ini dengan menggunakan tab format.

Kemudian pilihlah text wrapping. Cara ini digunakan kalau Anda mau menempatkan gambar di belakang teks. Banyak sekali format yang bisa Anda coba dengan tab yang sama. Biasanya seorang pemula atau yang baru pegang komputer itu malah iseng-iseng mainan clip art. Bagus sih. Tapi lebih bagus lagi utamakan pekerjaan Anda saja. Pilih yang lebih penting.

Sampai di sini saja ya tutorial singkat ini tentang cara menyisipkan gambar/foto di Microsoft Word. Mudah-mudahan bisa membantu Anda lebih cepat dalam mengerjakan setiap dokumen. Gambar di Microsoft Word ini juga sering digunakan oleh blogger jempolan. Dengan tampilan teks disertai gambar pasti akan membuat pembaca jadi betah lama-lama.