Beberapa Penyebab Bayi Ngiler Dan Cara Mengatasinya

bayi suka ngiler

Hoopiz.com – Memiliki anggota baru dengan wajah lucu dan menggemaskan pastilah menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anyak orang terutama mereka yang memang sudah lama mendambakan momongan. Memiliki bayi memang dapat dikatakan sebagai anugrah karena memang akan menghadirkan serangkaian kebahagiaan melalui proses pertumbuhannya. Pastilah akan sangat mengasyikan ketika melihatnya mulai makan, berbicara, berjalan hingga berlari, nmaun dibalik semua itu sudah menjadi rahasia umum bahwa memiiki bayi itu menandakan pula kesibukan tambahan.

Bayi yang belum dapat melakukan segala aktivitas sendiri memang sangat membutuhkan dukungan dari orang orang disekitarnya terutama kedua orangtua. Tak jarang pula karena tubuh dan sistem imunitsnya yang masih lemah ia terserang berbagai gangguan kesehatan. Peran orangtualah yang harus benar benar menjaga dan memproteksi sang bayi terhadap berbagai gangguan yang terjadi.

bayi suka ngiler

Selain itu orangtua haruslah peka terhadap tiap tahap perkembangan dan apa saja yang terjadi ada bayi mereka. salah satunya yang paling sering kita temukan adalah bayi yang ngiler atau ngences. Berikut ini akan diberikan informasi mengenai beberapa penyebab bayi ngiler dan cara mengatasinya.

  1. Penyebab bayi ngiler dan cara mengatasinya yang pertama adalah dikarenakan adanya produksi air liur yang berlebih oleh kelenjar yang ada di dalam rongga mulut. Hal ini masih termasuk wajar jika jumlah liur yang dikelaurkan masih normal dan tidak terlalu membanjir. Untuk produksi air liur ini tidak hanya bayi saja yang mengalaminya, orang dewasa juga mengalami hal yag sama namun yang membedakan mengapa bayi ngiler atau ngences sedangkan orang dewasa tidak hanyalah pada reflek bayi yang belum sempurna.

    Bayi belum terlatih untuk menelan air liur yang memenuhi rongga mulutnya sehingga terkadang keluar dan menjadi liur atau ences. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah sesering mungkin mengganti pakaian bayi yang basah karna terkena liur. Hl ini dikarenakan pakaian yang basah akan membuat bayi retan terkena banyak penyakit lainnya. Atau jika nada suka anda dapat memberikan celemek khusus yang dapat menyerap liur bayi tanpa embsahi pakaian yang dikenakannya.

  2. Penyebab bayi ngiler dan cara mengatasinya yang kedua adalah dengan memperhatikan kebersihan rongga mulut bayi anda. Penyebab bayi ngiler selain memang produksi air liur yang banyak, dapat pula dikarenakan infeksi rongga ulut seperti sariawan atau lainnya. Selalu bersihkan mulut bayi dengan cara emberinya minum air putih setelh memberinya susu. Hal ini akan menghindarkan pengendapan susu di rongga mulut yang akan berakibat pada banykny bakteri yang berkembang biak di rongga mulut sehingga dengan mudah menginfeksi.

Demikianlah beberapa penyebab bayi ngiler dan cara mengatasinya semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menjaga kesehatan bayi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *