8 Aturan Praktis Untuk Hidup Hemat

Hidup Hemat

Tidak ada yang ingin membuang-buang uang atau membuat keputusan membeli yang tidak sesuai. Namun, begitu banyak orang yang bodoh dalam hal pengeluaran. Menjadi sedikit lebih pintar dalam hal-hal seperti itu bisa sangat bermanfaat. Jika Anda mampu membelanjakan uang dengan cerdas, Anda akan bisa menabung lebih banyak dan mendapatkan lebih banyak uang saat Anda berbelanja.

1. Tak Perlu Malu Beli Bekas

Meskipun tidak setiap produk harus dibeli barang bekas, banyak barang bekas masih dalam kondisi sangat baik. Misalnya, mengunjungi toko barang bekas adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pakaian murah yang masih terlihat bagus. Jangan membeli produk bekas kecuali Anda yakin masih berkualitas baik.

2. Kurang Terkenal Bukan Berarti Buruk

Seringkali, satu-satunya perbedaan antara merek ternama dan merek pasaran adalah harga. Meskipun merek-merek umumnya memiliki strategi pemasaran yang unggul, ini sering kali menjadi cara untuk menguasai pasar. Jangan membayar lebih untuk sesuatu yang pada dasarnya sama hanya karena kemasannya lebih bagus.

3. Berburu Diskon

Membayar harga penuh untuk sesuatu yang bisa didapat dengan harga lebih rendah seperti membuang uang. Cobalah perhatikan penjualan, penawaran khusus, dan jenis diskon lainnya. Jika memungkinkan, bersabarlah dan tunggu sampai produk yang Anda inginkan tersedia dengan harga lebih murah.

4. Bandingkan dengan Toko Sebelah

Sebelum memutuskan produk mana yang Anda beli, sering kali merupakan ide yang baik untuk mempertimbangkan berbagai opsi satu sama lain. Bandingkan harga dan fitur, dan coba periksa ulasan produk dari para ahli atau pembeli online.

5. Beli yang Lebih Penting

Anda harus tetap fokus membeli barang-barang yang paling Anda butuhkan atau inginkan terlebih dahulu. Pikirkan tentang apa yang benar-benar penting bagi Anda, dan belilah yang sesuai. Tetap terkendali dan cobalah untuk menghabiskan hanya sebanyak yang Anda inginkan setiap minggu atau bulan.

6. Ada Harga Ada Kualitas

Terkadang, lebih baik mencari sesuatu yang lebih mahal – asalkan ada peningkatan kualitas yang sepadan. Misalnya, produk yang lebih tahan lama dapat menghasilkan penghematan dalam jangka panjang. Fitur tambahan atau bentuk lain dari fungsionalitas yang ditingkatkan juga dapat bernilai uang tambahan. Seperti, membeli lemari es hemat listrik dari Panasonic jelas dapat mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

7. Hindari Pembelian Impulsif

Keputusan yang terburu-buru jarang yang baik. Jika Anda membuat keputusan pembelian berdasarkan dorongan hati, Anda lebih mungkin membeli barang-barang yang tidak terlalu Anda butuhkan atau terlalu mahal harganya.

8. Beli Barang yang Benar-benar Anda Butuhkan

Banyak orang membuang-buang uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak mereka gunakan. Sebelum membeli sesuatu, mundur sejenak dan renungkan apakah itu benar-benar pembelian yang baik.

Setiap orang harus berusaha untuk disiplin dan cerdas dengan pengeluaran mereka. Lagi pula, belajar bagaimana membelanjakan uang dengan bijak adalah salah satu keterampilan hidup vital yang, jika dikuasai, akan bermanfaat bagi Anda selama Anda masih hidup.