7 Pedoman untuk Desain Kamar Tidur yang Indah dan Nyaman

Hoopiz.com – Kamar tidur merupakan salah satu ‚zona aman‘ bagi penghuninya. Di kamar tidur, penghuni dapat beristirahat serta melakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan. Karena itu, kamar tidur harus menjadi tempat yang nyaman dan menarik dihuni. Untuk mewujudkannya, Anda dapat menyimak 7 pedoman desain kamar tidur berikut ini.

1. Sirkulasi Udara pada Satu Sisi Kamar

Sirkulasi Udara pada Satu Sisi Kamar

Cobalah untuk memfokuskan sirkulasi pada hanya pada satu sisi kamar. Contoh ini dapat Anda lihat pada kamar-kamar di hotel. Perencanaan sirkulasi menjadi lebih rumit apabila kamar tidur berupa kamar tidur en suite (terdapat kamar mandi di kamar tidur). Untuk menghemat tempat, perhatikanlah penempatan kamar mandi dan lemari dinding. Penempatan keduanya sangat mempengaruhi sirkulasi di kamar.

2. Berfokus pada Pemandangan di Luar

Berfokus pada Pemandangan di Luar

Kamar tidur akan terlihat lebih nyaman jika Anda dapat menikmati pemandangan dari jendelanya. Namun, jendela tersebut sebaiknya tidak ditempatkan sejajar dengan tempat tidur. Jendela dapat ditempatkan di sisi kiri atau sisi kanan kamar. Bila Anda sedang mendesain kamar tidur baru, cobalah untuk mengatur kamar sehingga terfokus pada pemandangan di luar. Mulai dari pemandangan memukai seperti danau hingga pemandangan sederhana seperti halaman rumah.

3. Mempertimbangkan Privasi Kamar Tidur

Mempertimbangkan Privasi Kamar Tidur

Tidak semua dari orang terbiasa menutup pintu kamar ketika bepergian. Padahal, kamar tidur tentu menjadi privasi bagi Anda. Akan sangat baik apabila Anda dapat meninggalkan kamar tanpa khawatir privasi terganggu. Denah diatas menjadi salah satu contoh untuk memisahkan privasi di kamar. Selain itu, hindari juga desain yang membuat kamar tidur terlihat langsung dari tempat umum. Misalnya seperti ruang tamu, ruang keluarga, serta dapur.

4. Hubungkan dengan Lingkungan Luar

Hubungkan dengan Lingkungan Luar

Desain kamar tidur yang baik juga harus terhubung ke lingkungan luar. Hal ini akan membuat ruangan kamar menjadi terkesan lebih luas. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan lebih banyak cahaya natural. Apabila kamar tidur berada di lantai pertama, tambahkanlah satu set pintu ala Perancis. Pintu ini membuat pandangan ke luar rumah menjadi lebih luas. Anda juga bisa melakukan hal yang sama apabila kamar tidur terletak di lantai kedua dan memiliki teras di bagian luarnya.

5. Mempertimbangkan Penataan Furniture

Mempertimbangkan Penataan Furniture

Arsitek atau designer yang mendesain kamar tidur Anda harus memperhitungkan penataan furniture. Lantai kamar tidur biasanya akan dicocokan dengan warna dinding. Namun, bagaimana dengan lemari, lampu tidur, TV, kursi, serta meja? Tentunya, Anda harus bekerja sama dengan arsitek atau designer. Berkonsultasilah dengan mereka untuk memastikan ada tempat kosong di samping kamar tidur. Tempat kosong tersebut akan digunakan untuk menempatkan lampu tidur. Selain itu, pastikan juga letak furniture tidak menghambat sirkulasi di kamar.

6. Menambahkan Ventilasi dan Cahaya di Kamar

Menambahkan Ventilasi dan Cahaya di Kamar

Salah satu ciri rumah sehat ialah memiliki ventilasi dan pencahayaan yang memadai. Oleh karena itu, Anda harus menambahkan ventilasi dan cahaya di kamar tidur. Salah satu contohnya ialah menempatkan kamar pada sudut rumah. Penempatan di sudut rumah membuat Anda dapat menambahkan jendela lebih banyak. Hal ini tentu akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak sirkulasi udara serta cahaya natural.

7. Luangkan Waktu Untuk Desain Kamar

Luangkan Waktu Untuk Desain Kamar

Desain kamar tidur yang baik tentu memerlukan perencanaan yang baik. Sebagai penghuninya, Anda juga wajib menyesuaikan desain kamar dengan gaya hidup Anda. Jadi, Anda tidak boleh terburu-buru untuk menentukan desain kamar. Meskipun membuang waktu, Anda akan memiliki desain kamar yang sesuai dengan kebutuhkan. Desain kamar yang baik tidaklah selalu membutuhkan ruangan besar serta dekorasi mewah. Sebaliknya, kamar yang dapat digunakan dengan baik serta tidak membutuhkan banyak biaya pembangunan justru menjadi salah satu contoh desain kamar yang baik.

Sumber: https://www.houzz.com/ideabooks/18311359/list/7-tips-for-designing-your-bedroom